Direktur PT Duta Marga Lestari Wendy Haryanto, B.Eng, berkunjung dan berdiskusi dengan peneliti di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) pada Kamis, 28 Februari 2019. Pada pertemuan tersebut, Wendy Haryanto juga didampingi oleh partner kerja mereka, Yang Hwoi Nam (Chairman of Entione, Ltd.) dan Park Keum Joo, Ph.D (Tech. Advisor of Entione Co,. Ltd), dari Korea. Diskusi yang berlangsung terkait teknologi budidaya tanaman terbaru, yaitu Obank technology nanomicrobuble application. Teknologi tersebut sudah diuji pada beberapa tanaman, seperti stroberi, tomat ceri, dan melon. Hasil percobaan menunjukkan produksi tanaman meningkat hingga 30% dibandingkan dengan menggunakan teknologi budidaya pada umumnya. Pada stroberi misalnya, hasil panen budidaya tanaman dengan teknologi O2bank mencapai 550 kotak, lebih tinggi daripada hasil panen pada budidaya tanaman dengan teknologi umum yang hanya mencapai 400 kotak.

Diskusi tentang Obank technology bersama Direktur PT Duta Marga Lestari, Wendy Haryanto, serta Yang Hwoi Nam dan Park Keum Joo dari Entione Co. Ltd Korea

O2 bank technology merupakan teknologi yang ditemukan oleh Park Keum Joo dan rekan-rekannya yang mampu membunuh patogen pada tanaman. Oksigen dari udara dipisahkan dan dikumpulkan dengan alat gas kondisioner, kemudian dicampur dengan nanomicrobuble sebagai katalisator. Selanjutnya nanomicrobuble plus oksigen tersebut dikombinasikan dengan air melalui mesin yang disebut generator oksigen. Air inilah yang digunakan untuk menyiram tanaman. Teknologi ini dirancang agar tanaman menjadi lebih kuat dan sehat, sehingga bisa memproduksi buah lebih banyak. PT Duta Marga Lestari dan Entione ingin bekerja sama dengan PPKS dalam mengaplikasikan O2 bank technology di pembibitan kelapa sawit. Sebagai Pusat Unggulan Iptek Kelapa Sawit, PPKS tentu menjadi partner yang layak dalam mengembangkan O2 bank technology di perkelapasawitan. PPKS menyambut baik tawaran tersebut dan akan berdiskusi lebih lanjut di masa yang akan datang.

Translate »