PT. Alternatif Protein Indonesia (API) sebagai representatif Alternative Protein Corp (APC) dan Franhoufer IME bersama Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menggelar seminar Scientific Creativity and Innovation in the Future of Sustainable Palm Oil pada Jumat dan Senin, 21 dan 24 Februari 2020, di PPKS Medan. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Franhoufer IME, Prof Dr Andreas Vilcinskas, SEVP Produksi PTPN III, Adi Fitria, Mr. Chanarong Sanduan dari Entomocosmetics Oricga (Thailand), dan sejumlah dosen serta mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Seminar ini merupakan komunikasi riset yang sedang berjalan; The role of yellow biotechnology in the future of insects as applied to food and feed, medicine, chemicals, nutraceuticals, agriculture (crops & soil), yang dilakukan oleh API, Franhoufer IME, dan PPKS. Hal ini sekaligus membuka peluang kerja sama penelitian, baik antar ketiga lembaga tersebut, maupun bersama perguruan tinggi. Kerja sama penelitian diharapkan dapat mengatasi permasalahan pengolahan limbah kelapa sawit.

Seminar Scientific Creativity and Innovation in the Future of Sustainable Palm Oil

PT. API telah membangun Insect Bio Reactor (lBR) pada proven-scale di Sei Mangkei untuk pengembangbiakan biorefinery BSF yang akan menghasilkan produk protein alternatif. Operasional biorefinery BSF menggunakan tandan kosong dan bungkil sawit. PT. API telah berhasil dalam program breeding BSF dari Sumatera yang mempunyai karakter superior dibandingkan dengan BSF Eropa dan BSF Jawa. Sementara itu, Dr. Frisda Rimbun Panjaitan dari PPKS juga menjelaskan manfaat lainnya yang dimiliki oleh BSF, di antaranya BSF dapat menghasilkan fatty acid, lipid, kitin, dan protein. Uniknya, fatty acid dari BSF bisa di-adjusting, di mana Monounsaturated Fatty Acid (MUFA) dan Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA)-nya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit stunting. C-12 fatty acid juga dapat dimanfaatkan sebagai improver untuk biodiesel Crude Palm Oil (CPO). Adapun perwakilan Franhoufer IME menjelaskan sedikit tentang karakteristik beberapa spesies BSF dan keunikan BSF Sumatera.

Presentasi hasil riset oleh perwakilan PT. API, David Carew (kiri) dan peneliti PPKS, Dr. Frisda Rimbun Panjaitan (kanan)

Biorefinery BSF dapat meningkatkan sustainability dari industri kelapa sawit Indonesia karena menggunakan produk samping industri kelapa sawit. Didukung ketersediaan tandan kosong kelapa sawit dan palm kernel meal yang melimpah di sekitar perkebunan kelapa sawit milik PTPN III dan VII, kedua produk samping tersebut dapat dikonversi menjadi green-product bernilai tinggi. Dengan demikian, pemanfaatan produk samping ini dapat meningkatkan keekonomian produk samping kelapa sawit dan mengurangi residu limbah pertanian.

Translate »