Produk Oleo Pangan

Palma Frying Shortening

Merupakan lemak plastis yang dapat digunakan sebagai media penggoreng. Produk ini dibuat dengan cara mencampurkan beberapa fraksi minyak sawit dan tekstur yang homogen dan semi padat dibentuk dengan proses pengadukan dan pendinginan. Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung lemak trans, memiliki stabilitas panas yang tinggi sehingga sangat sesuai untuk penggorengan berulang (deep frying) dan produk gorengan yang dihasilkan tidak berminyak.

Produk ini juga tidak menggunakan campuran bahan baku lemak hewani sehingga bebas dari kolesterol.

Palma Baking Shortening

Mentega putih untuk kue dan roti yang dihasilkan oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) tanpa melalui proses hidrogenasi, sehingga bebas dari lemak trans yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker (karsinogenik).

Produk ini juga tidak menggunakan campuran bahan baku lemak hewani sehingga bebas dari kolesterol. Produk ini dibuat dengan cara mecampurkan beberapa fraksi minyak sawit dan minyak inti sawit dan tekstur yang homogen dibentuk dengan proses pengadukan dan pendinginan. Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung lemak trans dan sangat sesuai untuk produk roti dan bolu gulung.

Palma baking shortening dari minyak sawit dapat memberikan alternatif baru bagi produsen shortening dalam memilih bahan baku. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan permintaan minyak sawit untuk industri shortening dalam dan luar negeri.

 

Cocoa Butter Subtitute

Merupakan alternatif lemak cokelat. CBS dapat dibuat dari minyak inti sawit melalui proses fraksinasi dan hidrogenasi. Berdasarkan karakteristiknya, ada 3 jenis produk CBS yang dapat dihasilkan dari minyak inti sawit yaitu hydrogenated palm kernel oil, hydrogenated palm kernel olein, dan hydrogenated palm kernel stearin. Proses hidrogenasi secara total atau penuh menghasilkan produk CBS bebas lemak trans. Titik leleh CBS berkisar antara 35-42°C sehingga sangat sesuai digunakan untuk lemak konfeksioneri seperti cokelat dan meses di iklim tropis yang disebut sebagai tropical chocolate.

Translate »