Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit  (BPDPKS) ditugaskan untuk berpartisipasi pada Hannover Messe 2020 di Jerman dengan menampilkan kelapa sawit Indonesia sebagai sumber energi terbarukan. Dalam rangka penyusunan konten yang relevan dengan penugasan tersebut, maka tim BPDPKS mengunjungi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) untuk mengumpulkan dan verifikasi data pada Rabu, 4 Maret 2020. Dalam kunjungan tersebut, tim BPDPKS diwakili oleh Sulthan Muhammad Yusa dan turut hadir pula Masyarakat Biohidrokarbon Indonesia (MBI) yang diwakili oleh Sahat M. Sinaga dan Sapto Tranggono. Bersama peneliti PPKS, tim BPDPKS dan MBI berdiskusi terkait fungsi kelapa sawit bagi kelestarian lingkungan, pohon industri dan karakteristik produk sawit, penerapan Good Agricultural Practices, serta alur proses pengolahan hasil kebun sawit.

Foto bersama Direktur PPKS, M. Edwin Syahputra Lubis, peneliti PPKS, tim BPDPKS, dan MBI

Untuk Hannover Messe 2020, konten tentang biodiesel akan lebih ditekankan. Perbedaan istilah seperti biodiesel dan greendiesel juga perlu diverifikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.  Beberapa hal yang berpotensial dari kelapa sawit namun belum banyak dimanfaatkan, seperti mikronutrien, juga akan diekspos. Sejarah kelapa sawit di Indonesia akan diangkat untuk membantu mengurangi kesan negatif kelapa sawit di Uni Eropa. Video sejarah kelapa sawit  yang dimiliki oleh PPKS dapat digunakan untuk mendukung konten tersebut. PPKS juga membantu melengkapi data lainnya dari sisi hulu dan hilir yang dibutuhkan oleh  tim BPDPKS. Rencananya, hasil diskusi tersebut akan dipresentasikan kepada presiden terlebih dahulu.

Hannover Messe merupakan pameran internasional tahunan terbesar di sektor teknologi industri yang berfokus pada isu terkait dengan industrial automation and IT (Industry 4.0), energy,and environmental technologies, energy efficiency, research and technology transfer, robotics, cobots, atau co-robots, dan isu terkini lainnya. Sebagai official partner country atau negara mitra resmi pada Hannover Messe 2020, Indonesia akan menunjukkan kekuatan industri kelapa sawit kepada komunitas manufaktur global. Hannover Messe 2020 rencananya akan digelar pada 20-24 April mendatang, namun ditunda menjadi 13-17 Juli untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona.

Translate »