Peran penting industri kelapa sawit di perekonomian Indonesia saat ini mendapat beragam tantangan, seperti harga Crude Palm Oil (CPO) yang sempat menyentuh level terendah dalam satu dekade terakhir serta derasnya kampanye negatif kaitannya dengan isu kesehatan, lingkungan, dan sosial. Meskipun dalam kondisi perkelapasawitan seperti saat ini, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) tetap terus berkarya melakukan riset dan pengembangan inovasi untuk mendongkrak nilai ekonomis kelapa sawit dan turunannya. Informasi dan teknologi terkini hasil riset tersebut disebarluaskan kepada stakeholders, seperti yang telah sukses diselenggarakan dalam acara Nusantara Sawit Festival (NUSAFEST) pada 24-25 September 2019 di Kantor Pusat PPKS Medan. Nusafest 2019 dibuka oleh Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III Holding, Ahmad Haslan Saragih, Direktur Riset dan Pengembangan PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN), Dr. Gede Wibawa, dan Direktur PPKS, Dr. Iman Yani Harahap.

Peserta Seminar Nusafest 2019

Penyerahan Cinderamata kepada presenter dan moderator Nusafest 2019 oleh Rediman Silalahi (Direktur Operasional PTPN IV)

Nusafest merupakan forum ilmiah yang baru pertama kali diselenggarakan oleh PPKS, dihadiri sekitar 200 peserta dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang memiliki komoditas kelapa sawit. Nusafest 2019 membahas inovasi terkini di industri kelapa sawit dari segi praktis, teknologi, dan kultur teknis di lingkup PTPN. Agenda kegiatan terdiri dari seminar, talk show, gala dinner, dan gelar teknologi. Seminar membahas upaya peningkatan produktivitas, manajemen risiko budidaya kelapa sawit, pengelolaan energi, dan pemanfaatan limbah; sedangkan topik pada acara talkshow adalah “Mitigasi Tantangan Terkini dalam Bisnis Kelapa Sawit Holding PT Perkebunan Nusantara”. Pada acara gelar teknologi, telah ditampilkan teknologi perbaikan kualitas CPO, Fertihole untuk membantu pemupukan sistem pocket, aplikasi pupuk hayati Bioneensis, dan teknologi terkait pemanfaatan energi

Foto bersama setelah Gala Dinner

Tur Gelar Teknologi

Event Highlights Nusafest 2019
https://www.youtube.com/watch?v=pTu0ues-wkQ

Penulis  : CMD
Foto       : IPS
Translate »