Sejak 2010, Minamas Plantation sudah menjalin kerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) terkait pengadaan kecambah berkualitas milik PPKS. Kini, kerja sama tersebut akan ditingkatkan dalam bentuk penelitian bersama pengujian varietas kelapa sawit moderat tahan Ganoderma di lahan gambut milik Minamas Plantation. Memorandum of Understanding (MoU) kegiatan ini telah ditandatangani di PPKS Medan, Selasa 16 April 2019.  Dr. Shahrakbah Yacob, Head of Minamas Research Center, menyampaikan bahwa tujuan kerja sama penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai ketahanan varietas-varietas kelapa sawit di areal gambut terhadap serangan Ganoderma. PPKS sebagai salah satu Pusat Unggulan IPTEK, tentu menyambut baik tawaran kerja sama ini demi perkembangan kelapa sawit yang berkelanjutan di lahan gambut.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di PPKS Medan oleh Direktur PPKS Dr. Iman Yani Harahap dan Head of MRC Dr. Shahrakbah Yacob

Dalam penelitian ini akan dilakukan 2 tahap pengujian, yaitu pengujian di pembibitan dan pengujian di lapangan menggunakan varietas-varietas komersial yang diklaim memiliki sifat moderat tahan terhadap Ganoderma. Tim peneliti terdiri dari para peneliti PPKS (Kelti Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman, Kelti Ilmu Tanah dan Agronomi, Kelti Proteksi Tanaman) dan para peneliti dari Minamas Research Center. Kerja sama penelitian rencananya akan dimulai pada Semester II tahun ini.

Translate »