Kunjungan lapangan perwakilan Agency for Natural Resources and Energy, Ministry of Economy, Trade and Industry (ANRE METI) Jepang ke PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) berlangsung pada Selasa-Rabu, 11-12 Februari 2020. Kunjungan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, EcoLabel, Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI),  Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable (AOTS), Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia, Kehati, dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI). Pada hari  pertama, para peserta mengunjungi Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Bah Jambi yang disambut dengan tari Tortor Somba dari Kabupaten Simalungun. Didampingi oleh perwakilan PPKS, para peserta menjalani diskusi interaktif yang dipimpin oleh Asdep Perkebunan dan Hortikultura Kemenko, Muhammad Saifulloh, bersama General Manajer Distrik I, Mahdi Al Haris, Manajer Kebun Bah Jambi, Ferry Nasution, dan Manajer PKS Bah Jambi, Rudy H. Simatupang.

Foto Bersama Direktur Divisi Energi Terbarukan METI Jepang, Mr. Juntaro Shimizu, dan peserta kunjungan lainnya di Kebun Pembibitan Kelapa Sawit Bah Jambi

Direktur Divisi Energi Terbarukan METI Jepang, Mr. Juntaro Shimizu, dan tim serta perwakilan PTPN IV menjadikan pertemuan ini sebagai media tukar menukar wawasan terkait rantai pasok kelapa sawit, khususnya di perkebunan milik PTPN IV. Tim METI Jepang juga dapat melihat langsung proses pembentukan Crude Palm Oil (CPO) mulai dari kebun hingga di pabrik kelapa sawit. Mereka cukup tertarik dengan prospek energi terbarukan dari kelapa sawit, seperti cangkang, fiber, dan gas metan, sebagai alternatif pengganti energi di Jepang. Untuk memperkuat wawasan terkait kelapa sawit, perwakilan METI Jepang juga berkunjung ke PPKS Medan pada hari kedua. Dipandu langsung oleh Direktur PPKS, Dr. M. Edwin Syahputra Lubis, beserta Kabag Penelitian, Dr. Tjahjono Herawan, dan General Manager SUS-BHT, Dr. Suroso Rahutomo, perwakilan METI Jepang dan tim diperkenalkan dengan hasil-hasil riset kelapa sawit yang berada di Galeri Riset PPKS. Selain sebagai tindak lanjut pertemuan ANRE METI dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Perkebunan dan Hortikultura pada Januari lalu, kunjungan ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan keberterimaan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) di pasar global.

Perwakilan METI Jepang dan tim mendapatkan presentasi singkat hasil riset PPKS di Galeri Riset Kelapa Sawit PPKS

Translate »