Pandemi Covid-19 telah menyebar dengan cepat dan menjadi masalah di seluruh dunia. Social distancing dan physical distancing sudah diberlakukan untuk membatasi persebarannya. Akibatnya, banyak aktivitas masyarakat yang terganggu bahkan terhenti sementara. Meskipun demikian, World Health Organization (WHO) kini mengakui bahwa virus ini tidak dapat hilang dalam waktu singkat. Oleh karena itu, dunia membutuhkan tatanan hidup normal yang baru (new normal) agar dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), new normal yang perlu diterapkan oleh masyarakat adalah kebiasaan-kebiasaan hidup bersih dan sehat, seperti selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik, wajib memakai masker jika harus ke luar rumah, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak fisik.

Dalam hal ini, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) punya versi sendiri dalam menerapkan new normal-nya. Salah satunya dengan merilis program bincang pakar dan klinik sawit. Program ini sudah dimulai sejak 20 April 2020 dan mendapat sambutan baik. Mengingat pandemi Covid-19 menyebar dari satu manusia ke manusia lain, maka kegiatan seperti talkshow atau seminar yang biasanya diadakan oleh PPKS secara offline tidak dapat dilakukan. Edukasi kelapa sawit berbasis digital melalui media sosial akan sangat praktis karena masyarakat dapat menghadirinya di mana saja. Selain itu, program ini juga disiarkan secara gratis, sehingga lebih hemat dibandingkan dengan seminar offline yang biasanya berbayar. Bincang pakar dan klinik sawit ini menghadirkan moderator dan narasumber dari peneliti PPKS yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing, sehingga dapat menjadi sarana konsultasi kultur teknis bagi petani sawit dan menghasilkan solusi terhadap permasalahan kelapa sawit.

Live bincang pakar dan klinik sawit melalui facebook dan zoom

 

Berbagai topik mulai dari hulu, seperti kultur teknis efektif di masa pandemi dan solusi efektif pengendalian kumbang tanduk, hingga ke hilir seperti kondisi pasar sawit di saat pandemi dan kemampuan biodiesel dalam menyelamatkan petani sawit. Viewers yang pernah mencapai 4000-an melalui media sosial facebook menjadi bukti betapa antusiasnya masyarakat khususnya petani sawit terhadap acara ini di kala pandemi. Bincang pakar dan klinik sawit rutin dilakukan setiap kamis dan dapat diikuti via zoom maupun media sosial PPKS lainnya. Bagi yang tidak sempat menyaksikan secara live, PPKS juga menyediakan siaran ulangnya melalui channel youtube. Sejauh ini, PPKS sudah melakukan enam kali siaran langsung bincang pakar dan klinik sawit. Acara selanjutnya adalah klinik sawit yang dapat disaksikan pada Kamis, 18 Juni 2020 dengan topik “Teknik Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Pemupukan untuk Kebun Sawit yang Lebih Produktif”.

Flyer bincang pakar dan klinik sawit PPKS

Translate »