Salah satu unit kerja Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas), berkunjung ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) pada Jumat, 5 Juli 2019. Pihak Puslitbangwas diwakili langsung oleh Bonardo Hutauruk, Kepala Puslitbangwas BPKP, dan Putut Hardiyanto, Kepala Sub Bidang Evaluasi. Bonardo Hutauruk menyatakan, BPKP ingin menjadikan Puslitbangwas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan dengan standar Pusat Unggulan IPTEK (PUI). Oleh karena itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merekomendasikan BPKP untuk studi banding ke PPKS. Hal tersebut dikarenakan PPKS merupakan pusat penelitian yang ditetapkan sebagai PUI pertama oleh Kemenristekdikti pada 2011. Hingga kini, PPKS sudah 3 kali  ditetapkan sebagai PUI. Mengetahui hal ini, BPKP semakin yakin menjadikan PPKS sebagai benchmark PUI di Indonesia.

Diskusi terkait standar PUI oleh Bonardo Hutauruk, Putut Hardiyanto, dan Peneliti PPKS

Dr. Suroso Rahutomo, Kepala Bagian Penelitian sekaligus Peneliti PPKS, menyebutkan kriteria-kriteria dasar penetapan PPKS sebagai PUI di Indonesia, di antaranya jumlah publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional, dan penggunaan produk riset. Artinya, inovasi hasil riset tidak hanya berujung pada publikasi ilmiah saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh industri dan dikomersialisasikan. Selama ini, banyak produk penelitian yang telah dihasilkan oleh BPKP, salah satunya adalah tools pengawasan seperti instrumen pengukuran maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Namun, hasil penelitian tersebut hanya diterapkan di lingkungan BPKP saja dan instansi terkait, belum bisa diakses publik secara bebas. Sebagai satu-satunya lembaga penelitian dan pengembangan di lingkungan BPKP, Puslitbangwas diharapkan dapat menjamin kualitas metodologi berbagai inovasi yang dilakukan oleh unit kerja BPKP dari sisi metodologi. Agar inovasi tersebut dapat memberikan manfaat ke masyarakat yang lebih luas,  BPKP termotivasi  menjadikan Puslitbangwas sebagai PUI seperti PPKS. Rencananya, Puslitbangwas akan mengundang PPKS ke BPKP untuk memberikan presentasi langsung mengenai kiat-kiat sukses menjadi PUI secara berkelanjutan.

Reference:  http://www.bpkp.go.id/puslitbangwas/berita/read/21376/5/Sekretaris-Utama-BPKP-Puslitbangwas-agar-Memperkuat-Metodologi-Pengawasan.bpkp

 

Translate »