Mekanisasi

Mesin Pembenam Pupuk

Dukungan mekanisasi sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam beraktivitas di kebun. Pusat Penelitian Kelapa Sawit dan PT. Perkebunan Nusantara IV bekerjasama dalam rancang bangun mesin pembenam pupuk untuk meningkatkan efisiensi pemupukan yang sering terkendala karena cuaca yang tidak menentu dan teknik penyebaran yang masih konvensional (padat karya).
Kajian di lapangan terhadap teknologi konvensional menunjukkan bahwa efektivitas penyerapan pupuk diprediksi tidak optimal karena pupuk yang ditebar di atas tanah cepat mengalami penguapan.

Mesin pembenam dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan penyebaran pupuk baik dosis mauupun waktu aplikasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Hasil uji coba di kebun menunjukkan bahwa mesin ini mampu membenamkan pupuk sesuai dosis selama 6,8 jam/ha dengan konsumsi 43 liter solar.

Mespempuk


Mesin Penyebar Tandan Kosong dan Kompos

Pusat Penelitian Kelapa Sawit bersama PT. Perkebunan Nusantara IV telah mengembangkan alat dan mesin penyebar tandan kosong dan kompos yang sudah diaplikasikan di lapangan.
bantek
Translate »