Kata Sambutan Direktur Pusat Penelitian Kelapa Sawit

Satu abad lebih Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) mengambil peran aktif dalam penelitian dan pengembangan perkelapasawitan Indonesia, menjadikan institusi ini cukup dikenal dengan hasil-hasil penelitiannya. Dengan dukungan tenaga peneliti yang berdedikasi dan kompeten, fasilitas penelitian, dan kebun percobaan, serta jejaring kerja sama yang kuat, PPKS berupaya mewujudkan visinya sebagai lembaga penelitian yang mampu menjadi pusat unggulan (center of excellence) di bidang perkelapasawitan.

Peranan riset dalam berbagai aspek akan semakin meningkat di masa mendatang sejalan dengan persaingan global yang semakin ketat. Untuk itu, PPKS terus mengembangkan kapasitas dan kemampuan untuk menjadi lembaga riset bertaraf internasional dan mandiri secara finansial.

Kemajuan PPKS dapat dilihat dari perkembangan kinerja dan sertifikasi atau penghargaan yang telah diraih seperti ISO 9001, KAN, KNAPPP, Bakrie Award, dan Anugerah Ristek Pranata Litbang. Penunjukan PPKS sebagai pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi semakin memperkuat kedudukan PPKS sebagai lembaga penelitian kelapa sawit.

Berbagai paket teknologi telah dihasilkan PPKS dan banyak digunakan industri kelapa sawit di Indonesia seperti bahan tanaman kelapa sawit unggul, agen hayati pengendali hama dan penyakit, formulasi pupuk, integrasi sawit dan sapi, dan lain-lain. Selain itu PPKS juga menyediakan jasa analisis laboratorium (daun, tanah, air, minyak, dan limbah), bantuan teknis, dan pelatihan.

Peningkatan produktivitas per satuan lahan, efisiensi penggunaan sarana produksi, pengembangan industri hilir, dan kepedulian terhadap lingkungan merupakan tantangan yang penting di masa mendatang. Pengembangan kapasitas riset dalam bidang-bidang tersebut sangat diperlukan. Dukungan dari stakeholders industri kelapa sawit sangat diperlukan sebagai capacity empowering PPKS.

Kami senang atas kunjungan anda untuk mengenal lebih jauh tentang PPKS. Mudah-mudahan situs ini dapat memberikan informasi yang anda perlukan. Jika belum memuaskan, silahkan menghubungi atau datang mengunjungi kami.

 

Medan, Januari 2018

 

Salam hangat,

Dr. Hasril Hasan Siregar
Direktur

Translate »