Crude Palm Oil (CPO) merupakan salah satu produk unggulan Indonesia di India. Dengan kata lain, India secara konsisten menjadi mitra dagang yang penting di Indonesia, khususnya terkait komoditas kelapa sawit. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan untuk memperluas dan mengamankan pasar minyak sawit Indonesia di India. Namun, ada beberapa kendala yang harus diatasi guna mencapai tujuan tersebut. Selain masalah tarif dan hambatan non-tarif, persepsi negatif masyarakat India terhadap produk minyak sawit terkait dengan kesehatan dan lingkungan terus berkembang. Sebagai salah satu upaya Pemerintah Indonesia untuk mempromosikan image positif sawit Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di India menyelenggarakan kegiatan Familiarization (Fam) Trip Kelapa Sawit  bagi para jurnalis India ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) pada Selasa, 19 November 2019.

Foto bersama peserta Fam Trip di PPKS (kiri) dan penyerahan cinderamata dari Solidaridad untuk PPKS yang diwakili oleh Dr. Donald Siahaan, peneliti PPKS (kanan)

Jurnalis India yang berpartisipasi dalam kegiatan Fam Trip ini berasal dari media ternama di India, yaitu The Economic Times, The Business Standard, dan Zee Business. Di PPKS, para jurnalis berkesempatan untuk mengunjungi Galeri Riset Kelapa Sawit serta mendapatkan presentasi terkait kondisi terkini kelapa sawit di Indonesia. Para jurnalis sangat antusias terhadap sustainability kelapa sawit di Indonesia. Dalam kesempatan ini mereka juga mengkonfirmasi isu mengenai tidak sehatnya kelapa sawit. Peneliti PPKS, Ahmad Gazali Sofwan Sinaga dan Dr. Donald Siahaan mengklarifikasi bahwa isu tersebut tidaklah benar. Sebaliknya, minyak kelapa sawit sangat sehat dan memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, terutama minyak sawit merah. Selain ke PPKS, mereka juga berkunjung ke PT Perkebunan Nusantara II, Asian Agri Group, PT. Musim Mas, PT. Smart Tbk, dan stakeholders kelapa sawit lainnya. Diharapkan para jurnalis dan peserta Fam Trip lainnya dapat mempublikasikan hasil kunjungan ini di halaman surat kabar India, khususnya terkait aspek kesehatan, sustainability (kelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan petani), serta kemajuan teknologi pengolahan produk kelapa sawit Indonesia.

Translate »